Liburan ke Prambanan, yuk !

Mengunjungi tempat-tempat bersejarah merupakan hal yang menarik, selain merefresh otak juga mendapatkan banyak pengalaman sejarah yang berharga. Dengan tujuan tersebutlah kami berencana untuk mengunjungi salah satu candi yang ada di Yogyakarta. Candi yang kami kunjungi adalah candi Prambanan.

DSC05217

Candi Prambanan adalah candi Hindu terbesar di Jawa Tengah, Candi yang paling besar adalah candi Siwa yang mempunyai ketinggian 47 m, sedang yang lainnya adalah candi Brahma dan candi Wisnu yang letaknya di sebelah kanan dan kiri candi Siwa.  Secara administratif kompleks candi ini berada di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Masyarakat sering menyebut candi ini dengan nama candi Larajonggrang, suatu sebutan yang sebenarnya keliru karena seharusnya Rara Jonggrang. Kata rara dalam bahasa Jawa untuk menyebut anak gadis. Dalam cerita rakyat Rara Jonggrang dikenal sebagai putri Prabhu Ratubaka yang namanya diabadikan sebagai nama peninggalan kompleks bangunan di perbukitan Saragedug sebelah selatan Candi Prambanan. Dikisahkan dalam cerita tersebut ada seorang raksasa Bandung Bandawasa namanya. Ia mempunyai kekuatan supranatural dan ingin mempersunting putri Rara Jonggrang. Untuk itu dia harus membuat candi dengan seribu arca didalamnya dalam waktu satu malam. Permintaan tersebut dipenuhi oleh Bandung Bandawasa, namun Rara Jonggrang curang sehingga pada saat yang ditentukan candi itu belum selesai, kurang sebuah arca lagi. Bandung Bandawasa marah dan mengutuk putri Rara Jonggrang menjadi pelengkap arca yang keseribu. Arca tersebut dipercayai sebagai arca Durgamahisasuramardhini yang berada di bilik utara Candi Siwa. Yang jelas Durgamahisasuramardhini adalah istri Dewa Siwa. http://www.slemankab.go.id/887/candi-prambanan-pesona-candi-hindu-terbesar.slm#more-887.

Pagi itu, hari minggu 18 Desember 2009, Teman-teman kost saya, Mbak dina, Mbak Naru, Dewi, Missy, dan Saya berangkat ke candi dengan menumpang bus TransJogja. Kami kesana hanya membawa bekal berupa cemilan, air mineral, dan tentunya payung dan kamera.

Rute candi dari kost kami di daerah Kuningan Condong Catur Sleman hanya  satu kali naik TransJogja dan turun di terminal Prambanan. Dari terminal kami hanya berjalan kaki menuju pintu masuk candi tersebut, kurang lebih 200 meter. Sesampainya kami di pintu masuk, kami lalu membeli tiket. Harga tiketnya waktu itu sekitar 20.000 per orang. Sekarang mungkin sudah naik, saya belum tahu lagi informasi terbarunya.

Dari pintu masuk, kami kemudian berjalan memasuki kawasan Candi, namun di pintu masuk tersebut kami tergoda untuk berfoto di salah satu pohon di wilayah tersebut dan sempat membuat foto-foto aneh, kami juga sempat memanjat pohon di salah satu pohon tersebut. Haha… kekanankan sekali tingkah kami. Inilah yang menarik bagi kami, kami bisa melakukan hal-hal lucu yang akan menjadi kenangan berharga nantinya. Mungkin lebih tepatnya kenangan tentang cerita-cerita kekonyolan kami di candi ini ketika.

0912.0810912.0860912.098

Setelah berfoto-foto tersebut, kami kemudian berjalan-jalan menuju candi utama dan beberapa candi lainnya. Di sana kami melihat-lihat semua candi dan ada salah satu candi yang di dalamnya bisa kami masuki. Di dalam candi tersebut ada sebuah patung wanita yang tingginya kurang lebih 2-3 meter. Menurut berbagai cerita, patung wanita tersebut adalah pelengkap candi ke seribu dari legenda candi prambanan.

DSC05163

Setelah puas berkeliling candi tersebut, kami lalu duduk-duduk di bawah pohon di areal candi tersebut. Di bawah pohon tersebut, kami makan bekal kami dan duduk-duduk bersantai sambil bercerita banyak hal tentang apa yang kami lihat di candi tersebut. Pada saat itu kami juga sempat melihat rusa Prambanan yang berkeliaran jinak-jinak, tapi di dekati langsung kabur. Kami juga sempat mencoba berbagai permainan anak-anak disana. Lucu sekali, kami bermain ayunan dan sebagainya.

Setelah itu kami memutuskan untuk pulang, namun dalam perjalan pulang kami  singgah di bebebrapa musium yang ada di areal candi tersebut. Salah  satu candi yang kami lihat yaitu candi yang ada reflika candi prambanannya dan berbagai arca-arca, Dari berbagai arca tersebut ada arca yang masih utuh dan ada sebagian yang sudah hilang-hilang kepala atau tangannya.

0912.2470912.2360912.235

Setelah melihat-lihat arca tersebut, kami kemudian berjalan pulang lagi. Namun lagi-lagi kami berfoto-foto dengan narsisnya di sepanjang jalan tersebut. Di arah pintu keluar kami menemui banyak penjual yang menjajakan berbagai souvenir-souvenir khas Candi Prambanan. Para penjual souvenir tersebut sangat gigih dalam menjajakan dagangannya. Berbagai cara yang ditawarkan oleh penjual tersebut kepada pengunjung, ada yang ramah ada pula yang terkesan memaksa kepada pengunjung untuk membeli barang dagangannya. Jika tidak ingin membeli tidak apa, tolaklah secara halus atau ucapkan saja kata “Tidak, terima kasih” begitu cara saya biasanya menolak tawaran mereka.

0912.274

Di arah pintu keluar dari area candi ini ada tempat penjualan souvernir khusus yang sudah disediakan oleh pengurus candi. Di sana tersedia berbagai macam souvenir khas candi dan juga ada beberapa oleh-oleh khas Jogja lainnya. Semuanya ditawarkan dengan harga yang bervariasi dan tentunya juga terjangkau. Jika ingin membeli pintar-pintarlah menawar jika perlu gunakan bahasa jawa jika ingin murah.

0912.299

Setelah melihat-lihat souvenir-souveneir tersebut, tetapi tidak membeli kami pun memutuskan untuk pulang ke kost kami. Kami kemudian berjalan ke arah terminal Prambanan dan kemudian menumpang bus TransJogja menuju ke kost kami dengan menggunakna rute yang sama seperti saat berangkat tadi.

Liburan kami kali ini tidak hanya diisi dengan jalan-jalan dan bertingkah aneh saja, namun kami mendapatkan pengetahuan sejarah tentang candi Prambanan. Liburan ke Prambanan, yuk!

Advertisements

4 thoughts on “Liburan ke Prambanan, yuk !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s