Ke Pantai Tanjung Lame – Pantai berpasir putih penuh kerang-karang

Hummm… lagi-lagi saya akan bercerita tentang pantai. Semoga tidak bosan ya.. Kali ini saya tidak akan menceritakan pengalaman saya ketika ke pantai di DI. Yogyakarta, Tetapi saya akan menceritakan pengalaman saya bersama teman-teman KKN saya dan juga anak-anak di Desa Ujung Jaya, wilayah yang berbatasan langsung dengan Taman Nasional Ujung Kulon, Banten. Pengalaman ini sudah lama sekali dan tersimpan rapi di komputer saya, ketika melihat-lihat file foto-foto KKN, saya jadi terpikir untuk memposting tulisan ini.

Ketika mendengar kata Ujung Kulon, kita pasti ingat hewan apa yang dilindungi di Taman Nasional ini. Ya Badak Jawa, badak bercula satu !  Siapa yang tidak kenal dengan Badak bercula satu ini, tapi kali ini saya belum akan menceritakan tentang daerah tempat keberadaaan badak tersebut. Namun, kali ini saya akan menceritakan tentang salah satu pantai yang ada di daerah tersebut.

Siang itu di bulan Agustus 2011, sekitar pukul 1.30 siang kami bersama dengan anak-anak kecil di Ujung Jaya berencana untuk mengunjungi Pantai Tanjung Lame. Menurut celotehan anak-anak tersebut, Pantai Tanjung Lame sangat indah. Karena penasaran dengan cerita-cerita anak-anak tersebut, jadilah siang itu kami anggota KKN (Iza, Dian, dan saya) berangkat ke sana. Kami berangkat ke sana bersama dengan anak-anak yang mengajak kami ke tempat tersebut.

DSC02137

Dengan perbekalan berupa air mineral dan tentunya kamera, jadilah kami berangkat ke sana dengan rasa penasaran akan keindahan pantai tersebut. Dari pondokan KKN kami yang letaknya bersebelahan dengan rumah seketaris desa Ujung Jaya, kami menempuh perjalanan selama kurang lebih 30-40 menit dengan jarak kurang lebih 3-4 km. Jarak yang cukup jauh jika ditempuh dengan berjalan kaki di jalan setapak-jalan kampung, namun hal itu tidak menyurutkan langkah kami untuk mengetahui kebenaran tentang keindahan pantai tersebut. Anak-anak tersebut dengan semangat menunjukan jalan ke pantai tersebut kepada kami. Mereka menuntun kami ke pantai tersebut dengan celotehannya tentang keindahan pantai tersebut serta apapun yang dilihatnya sepanjang perjalanan kami menuju pantai. Kami berjalan melewati kampung, jembatan, sekolah Dasar Anak tersebut, Hutan, semak-belukar, dan kembali menemui kampung-kampung.  Setelah berjalan cukup lama kami kemudian menemukan deretan pohon kelapa dan setelah itu… Wowww!!! Segala puji bagi yang Maha Esa, Luar biasa indah pantai ini!!

07UK10121

Pantai ini masih sangat alami dan terjaga kealamiannya. Dengan pasir putih yang penuh dengan cangkang kerang dan karang-karang kecil-kecil yang berkilauan diterpa mentari, dengan air laut dan ombak yang tenang, dengan karang-karang besar sampai kecilnya yang utuh dan mempesona. Serta pohon-pohon kayu yang landai hampir menyentuh tanah. Betapa indah ciptaanNya akan terpetik di hati kita ketika melihat pantai ini. Dengan kesunyian dan hanya diringi deburan ombak ringan dan semilir angin, pikiran kita pun akan hanyut dalam keindahan pantai ini. Pantai Tanjung Lame begitulah penduduk menyebutnya. Pantai yang sangat indah, panatai ini yang  merupakan salah satu pantai yang ada di jejeran pantai di daerah Banten. Tepatnya di Desa Ujung Jaya Kecamatan Sumur, Kab. Pandeglang Banten.  Pantai ini belum banyak tersentuh dan semoga tetap seperti ini.

kerang

Dengan riang kami pun bercanda dengan anak-anak, saling menyibak air laut. Bercanda ria di pinggir laut. Mencari cangkang kerang, menyentuh air, bahkan ada anak-anak yang bercanda sambil berenang di air laut. Tenangnya laut ini memungkinkan kami untuk berbasah-basahan, berenang, atau bahkan mandi air laut tersebut. Canda dan tawa membuat hangat suasana kami di pantai ini, kegembiraan kami dan anak-anak ini menyiratkan persahabatan kami yang semakin akrab dengan anak-anak di desa ini. Selain berenang dan berfoto-foto kami juga mencari cangkang-cangkang kerang yang bertebaran di pinggir pantai tersebut. Bentuknya beragam dan sangat indah. Kegembiraan ini tidak lupa kami abadikan dalam lensa kamera kami. Bukan hanya keindahan pantai yang masih teringat di memori kami. Tetapi canda dan tawa bersama anak-anak Ujung Jaya begitu berharga dan sulit untuk bisa terulang lagi.

 

DSC02223

DSC02226

07UK10058

DSC02169

DSC02196

Semangat mereka dan kegembiraan kami di pantai ini memberikan kami pengalaman yang sangat berharga, memberikan kami pelajaran akan pentingnya menjaga pantai ini agar tetap indah. Jauh dari tangan-tangan jahil yang akan merusaknya.

 

DSC02181

Setelah menikmati keindahan pantai ini kami pun memutuskan untuk pulang karena hari mulai senja. Jika senja telah menyeruak, kami pun dilarang untuk berada di pantai lagi. Ada semacam atauran tidak tertulis di desa ini, jika senja telah nampak atau kurang lebih pukul 5 sore penduduk ataupun pendatang yang ingin mengunjungi pantai diharapkan atau dilarang untuk berada di pantai. Menurut cerita anak-anak dan beberapa warga, ketika hari mulai senja atau sudah malam akan muncul buaya di pantai tersebut.  Sudah ada beberapa cerita penduduk tentang hal-hal yang berhubungan dengan orang yang hilang dimungkinkan karena buaya penyebab hilangnya penduduk tersebut. Jadi ikutilah aturan penduduk lokal, jika kita menghargai diri kita dan mereka, serta alam.

DSC02171

Tanjung lame, anak-anak, kami, dan waktu ini, semoga menjadi kenangan indah yang tidak terlupakan.

Tanjung lame, tunggu kami datang lagi!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s