Sunrise-sunset Bukit Bintang Phatuk dan Pesona Waduk Gajah Mungkur

Semasa liburan natal tahun 2010 yang lalu saya diajak oleh teman saya mengunjungi neneknya yang merayakan natal. Kami diajak ke rumah neneknya di Wonogiri. Karena sedang liburan dan tidak ada kerjaan, kami kemudian memutuskan untuk ikut ke sana.

100_3410 100_3407

Kami kemudian berangkat di pagi hari sekitar jam 5 pagi dengan mengendarai 2 sepeda motor. Kami berempat, Mbak Ajeng, adiknya Hayu, Dewi, dan saya. Dari kost kami di daerah Kuningan, Condong Catur Sleman, kami langsung melajukan motor kami dari jalan Samirono menuju ke arah jalan Affadni lalu ke jalan Solo dan berbelok ke jalan Janti. Setelah melewati jalan janti kami berbelok menuju ke jalan Jogja-Wonosari. Lalu kami terus melajukan motor kami hingga kami bertemu dengan wilayah Phatuk.

100_3110100_3395.1

Di Phatuk kami memutuskan untuk menikmati matahari pagi dan gunung merapi yang tampak jelas di puncak dataran tingi tersebut. Di wilayah Phatuk ini terkenal dengan salah satu spot yang sangat bagus untuk tempat singgah. Spot ini adalah sebuah tanjakkan yang sangat tanjak. Di tanjakan ini ada semacam areal yang bisa digunankan untuk memandang wilayah Jogja dari ketinggian tertentu. Sehingga jika kita berdiri di pingir jalan tanjakan tersebut. Kita dapat melihat keindahan kota Jogja dari ketinggian tersebut. Dari sini  kita akan bisa melihat wilayah Jogja dalam pandangan jauh dan luas sejauh mata memandang. Yang paling menarik dari tempat ini adalah di saat matahari baru akan bersinar dan disaat matahari akan tenggelam sangat indah. Selain itu yang paling terkenal adalah di malam hari dari tempat ini kita bisa melihat bintang-binatang. Baik di langit maupun di daratan. Hal itu dikarenakan sejauh mata memandang kita akan melihat kerlap kerlip cahaya lampu yang menyalan di kota Jogja dan sekitarnya layaknya bintang yang berkerlap kerlip. Karena itulah tempat ini dikenal dengan Bukit Bintang Phatuk.

Di bukit bintang ini, kita tidak hanya disuguhi keindahan tempat ini dan kerlap kerlip cahaya tersebut. Kita juga disuguhi tempat duduk, pondok-pondak makan sebagai spot untuk melihat kerlap-kerlip cahaya tersebut ataupun kta akan menemui banyak penjual jagung bakar atau roti bakar yang siap menjajaklan makanan tersebut untuk kita yang sedang  menikmati keindahan tempat ini. It is amazing place for us!!

Setelah mampir di bukit bintang Phatuk, kami kemudian melanjutkan perjalanan kami hingga ke daerah Wonogiri tempat neneknya Mbak Ajeng berada. Setelah bertemu dan makan siang di sana kami kemudian disarankan untuk jalan-jalan mengunjungi waduk yang sangat terkenal di daerah tersebut. Waduk Gajah Mungkur. Waduk buatan terbesar di Jawa.

Setelah waduk inii selesai dibuat lalu kemudian waduk ini dijadikan taman rekreaksi yang murah untuk masyarakat di Wonogiri dan sekitarnya. Waduk Gajah Mungkur terletak di Desa Sendang,  Wonogiri. Di areal ini tedapat bebeapa sarana rekreasi di antaranya; Taman satwa, kolam renang, mainan anak-anak, Jetsky, Sepeda air, Sarana olahraga gantole, rumah makan terapung (karamba), dan lainnya. Di waduk ini setiap Hari Raya Idul Fitri sering diadakan  event pariwisata Gebyar Gajah Mungkur  yang dilaksanakan selama dua minggu. Kegiatan yang dilaksanakan adalah pentas kesenian berupa pentas orkes melayu, campur sari dan lainnya. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk  menghibur masyarakat/wisatawan yang berkunjung ke Obyek Wisata tersebut. Gebyar Gajah Mungkur ditutup dengan atraksi budaya Sedekah Bumi yaitu berupa upacara ritual yang dilaksanakan oleh Bupati Wonogiri dengan menyebar ketupat kepada pengunjung, setelah penyebaran ketupat dilanjutkan dengan atraksi tari-tarian tradisional di Obyek Wisata Sendang Asri. Selain itu juga di ada Event pariwisata Gelar wisata budaya juga dilaksanakan di Obyek Wisata Sendang Asri Waduk Gajah Mungkur, pada bulan Sura setiap tahun yang menampilkan atraksi budaya adat Kabupaten Wonogiri antara lain:  kegiatan ruwatan masal, Jamasan Pusaka Milik Mangkunegara I, dan Tari Tradisional khas Wonogiri. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat di situs ini http://www.pariwisata.wonogirikab.go.id/home.php?mode=content&id=172

Di waduk ini, kami bermain-main air juga menaiki perahu yang kami sewa. Harga sewanya tidak begitu mahal cukuplah bagi kami yang berkantong mahasiswa. Di waduk ini banyak terdapat pohon ceri yang bisa digunakan  sebagai tempat berteduh jika matahari sedang terik-teriknya. Setelah puas bermain-main di waduk tersebut serta tidak ketinggalan berfoto-foto ria, kami kemudian pulang karena hari sudah menjelang senja.

Kami kemudian pulang, di perjalanan tersebut kami tertarik untuk berfoto di tempat orang menambang batu kapur. Jadilah kami dengan narsisnya berfoto di dekat bukit kapur tersebut. Setelah itu kami pun pulang lagi ke tempat neneknya mbak Ajeng dan langsung bergegas pulang ke Jogja. Di perjalanan  pulang kami kemudian berhenti di sawah-sawah penduduk dan dengan narsisnya berfoto.

100_33493.3100_3381.3100_3409i.rr

100_3433.2

Setelah berfoto-foto tersebut kami kemudian melanjutkan perjalan pulang kami dan tidak lupa kami mampir lagi di bukit bintang yang kami singgahi tadi pagi. Mampirnya kami kali ini bertujuan untuk melihat senja. Senja di Bukit ini sangat indah. Kali ini kami menemukan senja yang sangat indah. Senja ungu yang mempesona, tidak lupa kami mengabadikan keindahan tersebut melalui kamera kami. Setelah itu kami pun melihat indahnya bukit ini dalam kerlap-kerlip cahaya lampu, melihat indahnya Bukit Bintang. Namun sayangnya, kamera kami kurang bagus untuk menangkap keindahan malam di bukit ini. Semoga suatu hari nanti kami akan bisa menangkap keindahan malam di bukit ini lagi dengan kamera yang bagus.

Advertisements

9 thoughts on “Sunrise-sunset Bukit Bintang Phatuk dan Pesona Waduk Gajah Mungkur

  1. Rist says:

    Thank you oldpoet56, I just like travel with my friends. I always remember that I have traveled with my friend and we have same story in the future.

    Like

  2. oldpoet56 says:

    It sounds like you ladies had a great trip, trips like this are great memories for when we get old we can look back upon them to bring us many smiles in our old age. I am glad that you all had a good time.

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s