Yuk mendaki Gunung Api Purba Nglanggeran !

DSC00036Hallo.. Tulisan saya kali ini berjudul “ Yuk mendaki Gunung Api Purba Nglanggeran !” Kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya dan teman saya, Faozan saat mendaki Gunung api tersebut.

Pada bulan Oktober 2011. Ochaan dan saya berencana untuk mengisi waktu senggang kami dengan berwisata alam. Awalnya kami bingung mau mengunjungi apa, sebab kami sudah sering pergi ke pantai atau sekedar berkeliling kota Yogyakarta. Lalu, Ochaan merekomendasikan untuk mencoba mendaki Gunung Api Purba Nglanggeran. Hal ini dikarenakan Ochaan pernah melewati daerah tersebut dan juga mendapat rekomendasi dari temannya.

Gunung Nglanggeran terletak di kawasan Baturagung di bagian utara Kabupaten Gunungkidul dengan ketinggian antara 200-700 mdpl, tepatnya di desa Nglanggeran Kecamatan Patuk dengan jarak tempuh 22 km dari kota Wonosari . Kawasan ini merupakan kawasan yang litologinya disusun oleh material vulkanik tua dan bentang alamnya memiliki keindahan dan secara geologi sangat unik dan bernilai ilmiah tinggi. Dari hasil penelitian dan referensi yang ada, dinyatakan gunung Nglanggeran adalah gunung berapi purba. Untuk lebih jelas melihat profil Gunung Api Purba Nglanggeran bisa kunjungi websitenya http://gunungapipurba.com.

Kami mengawali perjalanan kami di pagi hari tepatnya pukul 7 Pagi dari Kota Yogyakarta. Kami mengendarai motor untuk menuju kesana. Rute untuk ke Gunung Api tersebut adalah rute perjalanan ke Gunung Kidul. Untuk lebih jelas tentang rute menuju ke lokasi tersebut, dapat melihat pada peta berikut :

PETA-GUNUNG-API.jpg

Sesampainya kami di areal Gunung api, kami kemudian membayar tiket masuk untuk dua orang di tempat pembelian tiket. Setelah itu, kami langsung masuk ke kaki gunung api tersebut. Di sana terdapat tempat yang di gunakan oleh para pendaki untuk bersiap-siap mendaki.

Kami tidak membawa persiapan apapun untuk mendaki gunung tersebut, oleh karena itu kami tidak bersiap-siap ala pendaki tersebut. Kami hanya mendaki gunung tersebut dengan persiapan seadanya. Tanpa sepatu/sendal gunung ataupun air mineral yang cukup. Hmm… Jangan ditiru ya! Mendaki Gunung harus butuh perisiapan, walaupun gunungnya cukup mudah untuk didaki.

Gunung Api Purba Nglanggeran ini memang cukup mudah untuk didaki sekalipun orang belum pernah mendaki gunung atau orang awam. Sebab Gunung Api purab ini sudah ada jalur pendakiannya dan pendakiannyapun tidak terlalu sulit untuk seorang pemula. Asal ada semangat dan kesehatan yang fit bisa mendaki gunung tersebut.

Kami mendaki Gunung tersebut mengikuti jalur pendakian yang sudah dibuat dan diberi tanda jalur pendakian. Karena hal itulah pendakian tersebut terasa lebih mudah dan tidak terpikir akan tersasar. Awal pendakian kami, kami hanya melihat dua orang dan terasa sepi sekali. Namun, kami tetap bersemangat ingun mendaki gunung tersebut. Kami terus mendaki, menaiki bukit batu dan mengikuti jalur pendakian. Pada bagian tertentu terdapat jalur pendakian yang sangat sempit. Hal ini dikarenakan jalur pendakian tersebut berada di himpitan batuan. Sehingga tidak semua orang bisa melalui jalur pendakian tersebut, hanya orang-orang yang berbadan kurus yang bisa melewatinya. Untuk orang yang memiliki badan yang cukup gemuk akan kesulitan melewatinya, sebab jarak himpitan atau celah batu tersebut lebih kurang setengah meter atau tigaperempat meter. Panjang jalur celah sempit bantuan tersebut lebih kurang 5 meter dan setelah itu kembali ke jalur biasa layaknya jalur pendakian sebelum masuk ke jalur sempit tersebut.

Setelah melewati celah batu tersebut, kami menemukan spot batuan yang bagus untuk bernarsis ria. Hahaha.. Namun demikian kami juga harus menjaga kelestarian gunung tersebut. Sebab Gunung Api Purba Nglanggeran terdiri dari banyak gunung yang  memiliki nilai historis dan bentuk gunung yang memiliki nilai sejarah tinggi.

 

Setelah bernarsis ria, kami segera melanjutkan perjalanan kami mendaki gunung tersebut. Rute yang akan kami lalui adalah jalur hutan. Sebab areal tersebut ditumbuhi oleh beberapa pohon yang cukup besar. Dalam perjalan tersebut kami bertemu dengan banyak pendaki yang sudah selesai mendaki, atau turun dari puncak gunung tersebut. Setelah mencapai pos pendakian yang ada pondok kecilnya, yang biasa di gunkan untuk beristirahat, kami bertemu dengan para pendaki lainnya yang sedang beristirahat. Jadilah kami ikut beristirahat sejenak dan memulai pendakian beriringan dengan para pendaki tersebut.

Setelah mendaki dengan bersemangat di tengah terik mentari yang semakin menyengat, akhirnya kami sampai di puncak Gunung tersebut. WOwww!! Indah sekali! Segala puji bagiNya yang menciptakan tempat tersebut. Dari atas bukit tersebut, kami bisa melihat pemandangan yang luas dan sangat menarik. Ini salah satu pemandangan yang kami lihat dari atas gunung tersebut.

DSC00021_thumb.jpg

Setelah menikamati suasana alam di atas bukit tersebut dan juga tidak lupa bernarsis ria. Kami memutuskan untuk turun dari gunung tersebut sebab hari sudah sore dan jalur pendakian mulai gelap. Dalam perjalan pulang, kami masih bertemu dengan para pendaki lain yang akan bermalam dan berkemah di atas Gunung tersebut. Hmm… berkemah di puncak gunung tersebut sepertinya menarik ya?

Sekian pengalaman saya mendaki Gunung Api Purba Nglanggeran. Untuk lebih merasakan suasananya. Yuk, mendaki Gunung Api Purba Nglanggeran !!

Advertisements

14 thoughts on “Yuk mendaki Gunung Api Purba Nglanggeran !

  1. Rist says:

    yes, thank you. I hope you understand it. My English is still bad if i tell it in English. I think someone can’t understand what I want to tell about the trip. But Thank you very much for visiting my blog.

    Like

  2. Ristikati says:

    Iya, ayoooo kesana juga!!! kalo udah kesana buat tulisan gini juga. di tunggu ya… salam kenal.

    Like

  3. Ristikati says:

    ya namanya gunung api purba, anda bs telusuri lbh dalam ttg gunung tersebut di ditus resminya.

    Like

  4. Ristikati says:

    Hahaha … I just take a regular photo. I do not know anything about photography. But, thank you’ve said it. I think my photos are also not good, because I only use the 2-megapixel camera phone. Thus, the color is sometimes not clear.

    Like

  5. Ristikati says:

    Thank you, I think we have same reason. hihi….
    yes, someday I will go to India. I hope so.

    Like

  6. Arindam Saha says:

    Definitely sister!
    I won’t let go any opportunity to visit Indonesia. (Currently the only problem seems to be money 🙂 ).

    Also you are welcome to visit India anytime…

    Like

  7. Ristikati says:

    Thank you, let you visit my country.. we have interesting place and culture. I hope, I can go to your country. yours is interesting too.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s