Lava Tour “Merapi Eruption”

DSC06671

Berwisata memang merupakan kegiatan yang sangat menarik dan menyenangkan, terlebih lagi jika kegiatan tersebut merupakan hobi kita. Berwisata terkadang tidak hanya melihat sesuatu yang menarik karena keindahannya. Wisata juga bisa dilakukan di tempat-tempat yang tidak biasa bahakan ekstrim. Kali ini saya tidak akan berwisata ekstrim, tetapi saya hanya ingin melihat lebih dekat keadaan di gunung merapi pasca erupsi pada tahun 2010. Pada bulan Mei tahun 2012, saya bersama dengan teman saya, Faozan, berencana ke merapi, kami ingin melihat keadaan di sana pasca erupsi merapi. Terkesan aneh memang, tetapi hal itu akan memberikan kami pengetahuan yang berharga mengenai kedasyatan bencana.  Pagi itu sekitar pukul 8.00 WIB, kami melajukan motor kami menuju merapi di daerah Sleman.

DSC06663

Gunung Merapi menurut sumber dari wikipedia memiliki ketinggian puncak 2.968 m dpl, per 2006. Selain itu,  menurut situs taman nasional Gunung merapi (tngunungmerapi.org) Gunung Merapi sendiri merupakan satu-satunya gunung aktif diantara jajaran gunung di pulau Jawa. Letaknya di tengah pulau, sebagian berada dalam wilayah administrative Propinsi DI Yogyakarta dan sebagian lagi masuk wilayah Propinsi Jawa Tengah. Secara fisik Gunung Merapi mempunyai batas sebagai berikut:

  1. Bagian utara dilingkupi oleh pegunungan yang merupakan pertemuan antara Gunung Merbabu dan Gunung Merapi sendiri. Batas alam ini dibentuk dari hulu sungai pepe di wilayah timur dan hulu sungai Pabelan di wilayah barat. Secara adminitratif masuk dalam Kabupaten Boyolali, Propinsi Jawa Tengah.
  1. Kaki gunung bagian timur dan selatan merupakan wilayah yang datar dan merupakan persawahan dengan kesuburan tanah yang tinggi. Bagian timur ini membentang sampai bertemu dengan sungai Bengawan Solo dan bagian selatan bertemu dengan hulu sungai Dengkeng.
  2. Hulu Sungai Progo menjadikan batas alam gunung di bagian barat.

Sedangkan untuk masalah Erupsi Merapi, situs tersebut menyebutkan akibat erupsi tahun 2010 terjadi kerusakan total pada kawasan taman nasional gunung Merapi seluas kurang lebih 3000 hektar yang juga disertai dengan kepunahan ekosistem yang ada di kawasan tersebut yang diakibatkan oleh awan panas. Disini saya tidak akan menjelaskan lebih rinci masakah erupsi tersebut, saya hanya ingin memotret kondisi setelah erupsi terutama di timbunan pasir /material dari erupsi merapi tersebut. Untuk lebih jelas mengenai kondisi dan berbagai hal tentang gunung merapi silahkan kunjungi situs www.tngunungmerapi.org.

Kembali lagi ke cerita saya dan teman saya, sesampainya di sana yang kami lihat hanyalah padang pasir dan bukit pasir yang sangat luas, selain itu kami juga melihat daerah tersebut seperti layaknya area pertambangan, pertambangan pasir. Karena setelah erupsi tersebut, wilayah di sana berubah menjadi tambang pasir. Itu bisa terlihat dari beberapa truk dan alat berat yang sedang menambang pasir-pasir tersebut. Setelah puas berkeliling-keliling hamparan atau area penambangan pasir tersebut.

Selain melihat gunungan pasir tersebut, kami juga mengunjungi wilayah penanaman pohon sengon yang dilakukan oleh kampus teman saya tersebut, teman saya termasuk dalam kegiatan penanaman tersebut sehingga dia cukup mengetahui keadaan tanaman tersebut. Di sana tampak jejeran pohon-pohon sengon yang masih kecil. Walaupun tujuan penenaman tersebut untuk memperbaiki kondisi alam disana pasca erupsi merapi tetapi Kondisi pohon-pohon tersebut tampaknya kurang baik sebab beberapa  pohon tersebut terkena penyakit Uromycladium tepperianum, penyakit pada tanaman tersebut lebih kurang seperti tumor pada manusia. Penyakit tanaman ini pernah diteliti oleh teman saya sebagai kajian untuk skrirpsinya. Setelah melihat hal-hal tersebut dan mengabadikan beberapa foto kami kemudian pulang.

Wisata kali ini memberikan banyak pengalaman yang berharga dari apa yang kami lihat di lapangan tersebut. Betapa bencana menyimpan energi yang luar biasa dan kita harus selalu waspada.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s