Ayo Melihat Merapi dari Ketep Pass?

Setiap orang pasti memiliki sudut pandang yang berbeda dalam memandang sesuatu hal termasuk juga memandang objek yang menarik. Karena itulah saya dan teman saya, Faozan, ingin mengunjungi tempat wisata Ketep Pass. Dari tempat tersebut kami ingin melihat Gunung merapi dan sekitarnya dari ketinggian. Dengan demikian kami akan leluasa memandang keindahan Merapi dan pesonanya.

DSC06786DSC06794

Pada bulan Mei 2012 yang lalu, kami pergi ke sana pada pagi hari dengan mengendarai sepeda motor. Berbekal pengetahuan teman saya yang katanya sudah pernah kesana tapi melalui jalur yang berbeda kamipun kesana dengan jalur yang berbeda pula. Hasilnya kami mencoba menebak-nebak arahnya, maklum saja waktu itu petunjuk arah yang kami miliki masih manual, dengan ingatan dan tanya-menanya ke penduduk yang kami temui di jalan.

Ketep Pass adalah salah nama sebuah objek wisata di Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah. Ketep Pass ini merupakan Obyek Wisata alam yang dikembangkan dengan ciri khas wisata kegunungapian, khususnya Gunung Merapi.

Lokasi Ketep Pass berada di puncak Bukit Sawangan (pertengahan antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu). Ketep Pass berada pada ketinggian 1200 meter dpl dan luas areanya kurang lebih 8000 meter persegi. Ketep pass ini berjarak 21 km dari Mungkid, 17 km dari Desa Blabak ke arah timur, 30 km dari Kota Magelang, 35 km dari Kota Boyolali, dan 30 km dari Candi Borobudur. Dari Kota Salatiga yang berjarak sekitar 32 km, Ketep Pass dapat dicapai melalui Kopeng dan Desa Kaponan.  http://id.wikipedia.org/wiki/Ketep_Pass

Setelah sampai di objek tersebut, kami kemudian memarkirkan motor kami di Parkiran motor. Dari parkiran tersebut kami kemudian menuju ke beberapa objek disana diantaranya Gardu Pandang, Musium Ketep, dan juga memandang gunung-gunung tersebut di Pelataran Panca Arga.

DSC06790Kami hanya mengunjungi tempat-tempat tersebut, Namun untuk lebih jelas apa saja fasilitas yang tersedia di Ketep Pass, situs  jatengpromo.com akan memaparkan beberapa diantaranya, yaitu:

  • Gardu Pandang, berupa 2 gazebo yang digunakan untuk melihat keindahan alam Gunung Merapi dan Gunung Merbabu serta hamparan lahan pertanian di kedua kaki gunung tersebut.20090225005926
  • Ketep Vulcano Theater adalah gedung yang digunakan sebagai tempat untuk memutur film dokumenter tentang Gunung Merapi.
  • 20090225005744
  • Ketep Volcano Center adalah sebuah musium vulkanologi yang berisi miniatur Gunung Merapi, beberpa contoh bebatuan bukti letusan Merapi, dan sebagainya.
  • Pelataran Panca Arga memiliki arti Lima Gunung, pada lokasi ini merupakan puncak tertinggi di Obyek Wisata Ketep Pass.Dari puncak tertinggi ini pengunjung dapat melihat Lima Gunung yaitu Gunung Merapi,Gunung Merbabu,Gunung Sindoro,Gunung Sumbing dan Gunung Slamet. Selain kelima Gunung tersebut pengunjung masih dapat melihat dan menikmati Gunung-Gunung kecil dan Bukit-bukit yang sangat indah antara lain,Gunung Tidar,Gunung Andong,Gunung Pring,Bukit Menoreh,Bukit Telo Moyo dll.20090225005832
  • Restaurant Ketep Pass adalah restoran yang dibangun di atas ketep volcano theater yang berdinding kaca, tempat ini sangat cocok untuk menikmati pemandangan sambil menyantap makanan.
  • Teropong terdiri dari dua buah yaitu yang berada di puncak Panca Arga dan Gardu Pandang. Dengan alat ini kita dapat melihat jelas keindahan gunung-gunung tersebut.

p20120519-114844

Setelah mengunjungi tempat-tempat tersebut dan melaksanakan shalat, kami kemudian memutuskan untuk mengisi perut kami yang keroncongan. Jadilah kami memutuskan untuk makan di pondok/tempat-tempat makanan yang berada di sisi bawah yang menghadap ke arah gunung merapi. Di tempat tersebut adalah pondok-pondok yang terbuat dari bambu dan  menghadap ke gunung-gunung tersebut. Saat mendekati tempat tersebut kami dipanggil-panggil oleh penjual yang menawarkan dagangannya. Kami memutuskan untuk mampir di salah satu pondok tersebut dan memesan makanan. Makanan yang ditawarkan di sana cukup beragam, dari mulai jagung bakar, roti bakar, gorengan, mie-nasi goreng, sampai dengan mie instan yang mereka masakan atau mie instan cup. Minumannya juga beragam dari es the dan es jeruk sampai dengan minuman-minmuman botolan. Kami kemudian menikmati makanan tersebut sambil memandangi keindahan panorama di sana.

DSC06784

p20120519-120120Setelah selesai menikamati makanan tersebut, kami kembali lagi ke atas untuk kemudian beristirahat dan bermain-main di areal tersebut. Di taman-taman tersebut juga tersedia ayunan dan beberapa tempat duduk yang bisa digunkan untuk menikmati panorama di sana. Setelah puas menikmati panorama gunung-gunung tersebut, kami kemudian memutuskan untuk pulang. Hmm… melihat objek dari ketinggian tertentu sangat menarik! Ayo  Melihat Merapi dari Ketep Pass?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s